Ilmu Akarologi

Posted: November 7, 2012 in Serangga

   Acarologi adalah ilmu yang mempelajari tentang akari (tungau), yaitu arthropoda yang pada fase dewasanya berkaki empat pasang yang merupakan pembeda utama dengan serangga (insecta) yang fase dewasanya berkaki tiga pasang.  Ilmu ini merupakan suatu studi yang terorganisasi untuk memahami fase kehidupan tungau dan peranannya di alam.

    Istilah akari pertama kali digunakan oleh Homer pada 850 sebelum masehi terhadap tungau atau kutu  yang  terdapat pada bulu anjing di Mesir.  Kemudian pada 350 SM Aristoteles juga menyebut istilah akari terhadap kutu yang terdapat pada rambut manusia Eutrombidium rostratum.  Barulah pada tahun 1758 Linneaus menerbitkan 30 arthropoda yang diberi istilah acari dalam jurnal Systema Naturae.  Dua ratus tahun lamanya ilmu tentang akari banyak dikembangkan oleh ahli-ahli seperti  Latreille, Leach, DeGeer, Duges, C.L. Koch, Michel, Kramer, Megnin, Canestrine, Berlese, Vitzthum dan Oudemans dengan menggunakan bahasa ibu mereka masing-masing.  Oudemans merupakan ahli akari belanda yang banyak mengekpose jenis-jenis tungau yang berasal dari Indonesia.  Barulah pada tahun 1952 buku tentang  acarologi di tulis oleh untuk yang pertama kali dalam bahasa Inggris oleh Baker dan Wharton (1952), selanjutnya Evans (1957), Evans et. al (1961), Krantz (1970), Hughes (1976) serta Jeppson et. al (1975) menulis secara konprehensif tentang “kerusakan ekonomi tungau pada tanaman pertanian” yang merupakan buku yang paling bernilai sampai sekarang.

     Sampai saat ini belum ada buku khusus tentang tungau kaitanya dengan bidang pertanian yang ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia.  Untuk itu perlu adanya buku tersebut sebagai sumber informasi dasar bagi perkembangan ilmu akari/tungau di Indonesia,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s