IntraGuild Predation

Posted: November 4, 2012 in Pengelolaan

   Intraguild Predation (IGP) dapat diartikan sebagai membunuh dan memakan diantara pesaing potensialnya (Polis et al., 1989). IGP terjadi ketika dua spesies yang berbagi mangsa terlibat dalam interaksi satu sama lain (parasitisme atau pemangsaan) (Rosenheim et al., 1995). Dalam jaring-jaring makanan, predasi dan kanibalisme sering terjadi pada tingkat trofik yang berbeda. Interaksi terjadi ketika extraguild mangsa tidak melimpah atau jarang (Lukas et al., 1997). IGP merupakan faktor mortalitas penting yang berpotensi menghasilkan kepunahan lokal bagi populasi IG mangsa, tetapi sebaliknya dapat meningkatkan kelimpahan IG mangsa melalui kompetisi interspesifik.

  Kumbang koksi C. sexmaculata dan C. transversalis merupakan predator potensial dalam menurunkan populasi kutu daun, khususnya Aphis craccivora.

  Hasil penelitian Pervez dan Omkar (2005) menyatakan bahwa C. sexmaculata dan Ctransversalis lebih efektif mengendalikan Aphis craccivora daripada Myzus persicae. Wagiman (1997), Omkar dan Bind (2004), dan Omkar et al. (2005) menunjukkan bahwa C. sexmaculata efektif mengendalikan A. craccivora. Hasan et al. (2000) melaporkan bahwa C. sexmaculata merupakan salah satu predator yang mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya adalah kemampuan reproduksi yang tinggi, siklus hidup yang lama, dan tingkat pemangsaannya tinggi.

  Kedua predator tersebut sering terdapat pada satu habitat yang sama, sehingga berpotensi untuk saling memakan atau berkompetisi. Umumnya predator yang memiliki ukuran relatif lebih besar akan mendominasi predator yang lebih kecil. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari potensi IGP antar kumbang predator C. sexmaculata dan C. transversalis dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan masing-masing spesies.

By Maria Christina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s